INVENTARISASI LEPIDOPTERA 2 DI KAWASAN PEGUNUNGAN MANGLAYANG


        Inventarisasi Lepidoptera yang kedua ini merupakan kegiatan pengenalan dan pelatihan yang secara khusus diselenggarakan oleh divisi Entomologi pada tanggal 16 April 2016 bertempat di kawasan Pegunungan Manglayang, tepatnya di desa Sendang Sari dan desa Babakan Kaung. Kegiatan ini dihadiri oleh 22 peserta dari angkatan 2013, 2014 dan 2015 dengan pematerian yang dibawakan oleh Amalia Paramitha (2012). Pembukaan dimulai dengan pengenalan mengenai perbedaan antara Hostplant dan Foodplant, dan juga ciri-cirinya.

Documentation 1

documentation 2

       Lepidoptera tumbuh dan berkembang dengan cara bermetamorfosis. Dalam pertumbuhan dan perkembangbiakkannya tersebut, tentu saja kupu-kupu membutuhkan makanan atau nutrisi bagi tubuhnya, baik ketika menjadi ulat maupun ketika sudah menjadi kupu-kupu dewasa. Tanaman yang menjadi “tempat” bagi kupu-kupu tersebut terbagi menjadi dua, yaitu Hostplant dan Foodplant. Hostplant merupakan tempat inang, yaitu tempat berkembangbiak dan sekaligus sebagai sumber nutrisi bagi suatu telur dari kupu-kupu hingga menjadi suatu larva, bahkan hingga kupu-kupu dewasa. Hostplant tersebut awalnya adalah tempat kupu-kupu dewasa untuk menetaskan telurnya, yang biasanya merupakan dedaunan. Sedangkan, Foodplant adalah tempat pakan, yaitu tempat kupu-kupu dewasa biasanya mencari sumber makanan. Foodplant ini biasanya hanyalah sebagai tempat hinggap atau tempat persinggahan, bukan tempat tinggal dari kupu-kupu dewasa pada umumnya.

         Setelah melalui serangkaian pengenalan, peserta dibagi menjadi 2 tim dengan pendamping kelompok yaitu dari divisi entomologi dan divisi floring. Tim A menuju spot 1 yaitu bagian perkampungan dan tim B menuju spot 2 yaitu bagian perkebunan. Proses inventarisasi dilakukan selama 2 jam dari pukul 8.00-10.00 WIB. Selama proses inventarisasi, terlihat antusiasme dari para peserta terutama saat penangkapan kupu-kupu. Ketika sedang menginventarisasi, terdapat pula suatu spot dimana sangat banyak terdapat kupu-kupu. Karena pada spot tersebut memang terdapat tanaman Citrus sp. , Calliandra sp., babadotan, dan masih banyak lagi.

        Kupu-kupu familia Nymphalidae dan Lycaenidae banyak hinggap dan berterbangan di sekitar tanaman yang berasal dari familia Asteracea, Verbenaceae, Poaceae, dan Melastomaceae. Kupu-kupu familia Piaridae banyak ditemukan di sekitar tanaman familia Fabaceae, Santalaceae, dan Lauraceae. Dan kupu-kupu familia Papillionidae banyak ditemukan sedang berterbangan di sekitar tanaman Citrus sp.

 Documentation 3

Documentation 4

       Setelah kegiatan penangkapan kupu-kupu di Manglayang berakhir, peserta diarahkan menuju kegiatan pematerian pembuatan insektarium. Namun sebelumnya peserta diberikan pengenalan mengenai macam-macam metode penangkapan serangga. Ternyata ada 2 jenis cara penangkapan yang bisa dilakukan, yaitu cara aktif dan cara pasif. Cara aktif biasanya dilakukan dengan metode direct sweeping atau penangkapan yang sering dilakukan dengan menggunakan insect net. Dan cara pasif adalah metode-metode yang biasa dilakukan dengan cara penjebakan (trap). Metode trap ini ada berbagai macam, contohnya adalah Pitfall Trap, Light Trap, Malaise Trap, Windowpane Trap, Interception Nets and Barriers, dan Light Traps.

           Kemudian kegiatan pun dilanjutkan dengan pembuatan insektarium dari hasi inventarisasi selama di Manglayang. Ketika diidentifikasi, ternyata banyak ditemukan kupu-kupu dengan species yang sama. Kegiatan pembuatan insektarium dan identifikasi Lepidoptera ini cukup kondusif, bahkan sudah lebih baik dari kegiatan inventarisasi yang sebelumnya.

Documentation 5

Documentation 6

Galery

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s