Latihan Teknik Dasar di Kolam Renang


Apa itu latihan teknik dasar? Untuk apa kita latihan teknik?

        Jadi, teknik dasar yang dilatih oleh tim Divisi Cinta Laut adalah teknik dasar untuk penyelaman tanpa alat SCUBA yang menunjang pengambilan data di laut.  Teknik yang diajarkan dan dilatih yaitu basic swimming dan pre-test penyelam.

         Berenang dan menyelam adalah seni bergaul dengan air, sejatinya air itu sama saja seperti orang, bisa jadi sekutu kita atau  lawan kita, bagaimana perlakuan  kita saja, kita salah dalam memperlakukannya, jangan berharap air akan bersahabat, vice versa, water is our ally if we treat it right.Nah, lantas bagaimana cara yang benar kita bermain di air? nah itu yang kita pelajari saat pelatihan, lah apa aja?

1. Berenang

       Simpelnya, berenang itu bergerak dan bertahan di air, berarti bagaimanapun gerak kita selama mempertahankan badan dan bergerak dapat disebut berenang kan? kasarnya demikian, namun biar kami perkenalkan dengan berenang yang baik dan benar, hm, bedanya? renang yang baik dan benar itu adalah teknik berenang yang efisien. Efisien berarti dengan menggunakan tenaga seminimal mungkin untuk gerak semaksimal mungkin. Nah terdapat 2 teknik dasar dalam renang ini, pertama adalah gaya bebas,yaitu dengan dada menghadap air,tangan yang merangkak dan mengayuh  ke depan serta kaki mencambuk naik turun,wajah menghadap air, pernafasan dilakukan ketika tangan mengangkat untuk memulai kayuhan dan kepala terangkat,teknik ini lebih dianggap teknik renang yang lebih cepat. Kedua adalah gaya dada,atau  gaya katak, dilakukan dengan cara dada menghadap air, tangan bergerak membelah air didepan dan kaki menendang keluar, teknik ini dianggap paling lambat.

2. Mask Clearing dan Snorkel Clearing

       Dalam penyelaman kita pasti menggunakan masker  dan snorkel. Ketika di bawah air, suhu air di luar dan nafas kita berbeda,suhu di luar lebih dingin, dan hal tersebut membuat nafas kita mengembun di kaca masker kita, mengurangi penglihatan, bagaimana cara membersihkannya? Dengan cara memasukkan air ke dalam masker melalui bagian atas masker sampai mengisi rongga udara masker setinggi setengah bagian masker. Setelah itu air dikeluarkan melalui bagian bawah masker dengan meniup air sekuat mungkin dengan tiupan udara dari hidung, usahakan ketika meniup kepala menengadah. Sedangkan untuk snorkel clearing, ketika kita turun kebawah permukaan dan snorkel terisi air, tidak dianjurkan untuk membuang air diatas permukaan, namun kita meniup keluar air pada snorkel ketika kita menuju permukaan,karena menghindari menyemburnya air keluar. Di bawah ini ada foto rekan kita yang sedang snorkel clearing.

snorkel clearing

3. Jack Knife

     Jack knive atau dark dive adalah teknik selam permukaan, untuk masuk kebawah air, prinsipnya adalah melipat tubuh seperti jackknife, jackknife adalah sejenis pisau lipat, jadi kita melipat badan kita kebawah dan memanfaatkan momentum dari titik berat kita untuk meluncur kebawah, tidak terbayang? ikuti latihannya! teknik ini berguna untuk masuk ke kedalaman tanpa mengeluarkan tenaga. Berikut foto rekan-rekan kita berlatih Jack knive.

Jack Knife

4. Water Trappen

      Water trappen yaitu teknik mengapung di air tanpa berpindah tempat. Jadi water trappen bukan berenang. Teknik ini dapat dilakukan dengan posisi tubuh tegak lurus dalam air dan hanya menggerakkan bagian kaki seperti kaki katak. Fungsi dari teknik ini adalah untuk menghemat tenaga dan mengurangi keluarnya keringat yang dapat memicu dehidrasi. Pada saat bertahan hidup di laut teknik ini sangat bermanfaat untuk mempertahan diri sampai bantuan datang untuk menolong.

     Renang dengan menggunakan gaya samping (bebas). Gaya ini diajarkan untuk memberikan pertolongan dan penyelamatan korban di dalam air   (kolam). Prinsip utama renang gaya water trapen adalah:

  1. Menguasai renang gaya bebas.
  2. Mampu berenang dengan satu atau dua tangan.
  3. Mampu menahan napas dalam waktu yang relatif  lama di dalam air.
  4. Mampu mengapung dengan menggerakan kedua kaki di dalam air (di tempat).

5. Dynamic Apnea

          Apnea pada dasarnya adalah menahan nafas dalam air pada jangka waktu tertentu, sedangkan untuk apnea adalah berenang dibawah permukaan air mencapai jarak tertentu dalam satu tarikan nafas. Prinsipnya disini adalah pengaturan  nafas yang baik. Di bawah ini ada foto rekan kita yang sedang melakukan teknik dynamic apnea sambil narsis 😀 hehe

♦——————————-Salam Hangat dari DCL Himbio Unpad——————————-♦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s