Karya Tulis Mahasiswa (KTM) Biologi

on

a

       KTM merupakan suatu kegiatan yang mengulas tentang penjelasan PKM 5 bidang, tips and trick lolos PKM dan PKM GT-AI.  Acara dilaksanakan pada Minggu, 2 April 2016 pukul 09.30-13.15 WIB.  Kegiatan KTM ini terdiri dari 3 sesi yaitu sesi pertama membahas tentang seluk beluk PKM 5 bidang . Pemateri dalam sesi satu ini adalah Dr. Cukup Mulyana, M.S., menurut beliau  PKM 5 bidang merupakan ajang kompetitif dan inovasi dari mahasiswa dalam bidang kewirausahaan, pengabdian pada masyarakat, penelitian, karsa cipta, dan  teknologi.

            Pemaparan yang dilakukan pak Cukup juga memberikan pengarahan  tentang  sistematika penulisan PKM 5 bidang hanya saja masih mengarah pada PKM 2015. Pematerian sesi pak cukup cukup menarik terlihat dari antusiasme peserta KTM.  Acara dilanjutkan pada sesi kedua yang diisi oleh Kang Rio Alfajri , sesi ini menjelaskan tentang tips dan trick untuk dapat lolos PKM 5 bidang maupun GT-AI. Kang Rio memaparkan pengalaman beliau  ketika 6 PKM beliau lolos didanai, dari kang Rio kita dapat diberi pengarahan tentang ide-ide serta motivasi yang unik dalam mengajukan PKM.  Tips dari beliau seperti  percaya diri, motivasi dari diri sendiri, mencari teman yang sepemikiran,  memunculkan ide unik yang belum pernah ada dan jangan takut akan kegagalan.

            Sesi ketiga dari acara ini diisi oleh bu Asri Peni Wulandari, M.Sc., Ph.D. yang mengulas seluk beluk PKM KT ( GT –AI).  Menurut beliau PKM GT  adalah PKm yang bersumber dari ide kreatif mahasiswa, dimana bedanya dari PKM –P adalah ide yang diusulkan sulit untuk direalisasikan dalam waktu dekat. PKM-AI adalah PKM yang membahas mengenai artikel hasil kegiatan yang pernah dilakukan yang memiliki data yang valid. Menurut beliau ada beberapa tips and trick agar suatu proposal dapat didanai yaitu pertama mengikuti pola sistematika penulisan sesuai dengan aturan yang ada, kedua memilih dosen pembimbing yang sesuai ( dosen dapat mengembangkan ide kreatif dalam PKM-GT), ketiga anggota grup dalam satu tim lenbih baik lintas angkatan maupun lintas jurusan.  Acara KTM ditutup dengan penyerahan plakat serta sertifikat kepada pemateri dan moderator.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s