PRIMATA PULAU JAWA


       Tahukah kamu? Dari 200 jenis primata yang ada, 40 jenis ditemukan di Indonesia, dan 24 jenis diantaranya merupakan satwa endemik yang hanya hidup di negeri ini. Masya Allah.

        Tingkat endemisitas yang tinggi ditemukan di Sulawesi, Kepulauan Mentawai, dan juga termasuk pulau Jawa.  Hingga kini primata-primata yang masih bertahan hidup dan endemik pulau Jawa anatara lain Owa Jawa (Hylobates moloch), Surili (Presbytis comata), Lutung Jawa (Trachypithecus auratus), Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis) dan Kukang Jawa (Nycticebus coucang). Berikut ini merupakan ciri dari masing-masing primata yang ada di pulau Jawa.

  • Owa Jawa ( Hylobates moloch )

a                Endemik Pulau Jawa, tersebar terbatas pada hutan Jawa Barat dan jawa Tengah dengan ketinggian 1.400 – 1.600 m dpl. Tubuh ditutupi rambut berwarna kecoklatan sampai kelabu, bagian atas kepala warna hitam, alis warna abu. Panjang tubuh berkisar 750-800 mm, berat tubuh jantan 4-8 kg, betina 4-7 kg. Komposisi pakan 61% buah, 38% daun, sisanya bunga dan serangga. Sistem monogami, dengan 1-2 anak yg blm mandiri. Daerah jelajah berkisar 16-17 ha dengan jelajah harian 1500 m. Bergerak dengan dominan brakiasi.

 

  • Surili ( Presbytis comata )

b               Umumnya warna tubuh hitam/coklat keabuan, warna jambul dan kepala hitam. Warna rambut tubuh dalam putih. Warna kulit muka dan telinga hitam pekat agak kemerahan. Panjang betina hampir sama dengan jantan (430-600mm), panjang ekor 720 mm, berat tubuh rata2 6.5 kg. Hanya tersebar di Jawa Barat terutama hutan primer dan sekunder ketinggian 2000 m dpl. Komposisi pakan 64 % pucuk daun, 14 % buah dan biji, bunga 7 %, dan sisanya 15 %. Jumlah individu dalam 1 kelompok 7-12 ekor, multimale, monogami.

  • Lutung Jawa ( Trachypithecus auratus )

c              Panjang tubuh rata2 517 mm, panjang ekor rata2 742 mm, Berat tubuh 6,3 kg. Warna rambut hitam keperakan, bagian ventral kelabu pucat dan kepala mempunyai jambul. Anak baru lahir berwarna jingga dan tidak berjambul, setelah dewasa menjadi hitam kelabu. Hidup di hutan bakau, dataran rendah hingga tinggi (primer dan sekunder). Komposisi pakan 50% daun, 32% buah, 13% bunga, sisanya tumbuhan/serangga. Dalam 1 kelompok terdiri 6 – 23 ekor.

  • Monyet Ekor Panjang ( Macaca fascicularis )

d              Memiliki panjang tubuh 400-470 mm, ekor 500-600 mm, dan kaki belakang 140 mm. Berat betina 3-4 kg, jantan mencapai 5-7 kg. Warna rambut tubuh coklat abu-abu, bagian dalam berwarna lebih pucat, jambang pipi mencolok. Bayi berwarna kehitaman. Umumnya ditemukan di hutan pesisir (mangrove, pantai), hutan sepanjang sungai, dekat perkampungan, kebun campuran dengan ketinggian 1.300 m dpl. Dalam 1 kelompok terdapat 20-30 ekor, multi-male multi-female. Pakan berupa buah – buahan, serangga, ketam, telur, kepiting,pucuk daun.

  • Kukang Jawa ( Nycticebus coucang )

e              Panjang tubuh berkisar 280-320 mm, ekor pendek melingkar, panjang 10-20 mm. Berat tubuh betina ± 575 gr, jantan ± 750 gr. Memiliki rambut lebat dan halus, warna kelabu keputihan. Pada punggung terdapat garis coklat melintang dari bagian tubuh hingga dahi. Rambut sekitar telinga coklat, sekitar mata juga coklat membentuk bulatan seperti kacamata. Hidup tersebar di Pulau Jawa di hutan primer, sekunder, hutan bambu, bakau dan perkebunan. Komposisi pakan 50 % buah, 30 % serangga, telur burung, kadal, sisanya biji-bijian.

          Nah… sudah tahu kan  apa saja primata endemik pulau Jawa. Bagaimana sangat menggemaskan bukan? Semoga artikel ini membantu kita dalam memahami dan mengetahui ciri atau karakter dari masing-masing primata. Oiya teman-teman sebagian besar primata tersebut merupakan hewan-hewan yang dilindungi, ayo ketahui cirinya dan jaga habitatnya!

SALAM LESTARI SALAM KONSERVASI

AOPU

2 Comments Add yours

  1. Ismail Agung says:

    guys, ini foto yang ada di sidebar postingan kayaknya tidak mewakili isi postingan yang isinya tentang primata jawa. Coba dicek lagi, foto yang disebelah ini owa mana hayo?

    1. Biolog says:

      Setelah dicek dan ditelusuri lagi ternyata memang benar owa di foto sidebar tidak mewakili primata jawa..
      Kami mohon maaf atas kesalahan image yang digunakan,..
      Hatur Nuhun kang udah buat revisi imagenya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s