Inventarisasi Lepidoptera di Kawasan Pegunungan Manglayang


                 Lepidoptera atau biasa disebut kupu-kupu mungkin tidak asing bagi kita semua. Kupu-kupu selalu menghiasi berbagai hal dalam hidup manusia. Dengan keanekaan warna nan elok selalu memanjakan mata si penikmatnya. Kupu-kupu juga berperan penting dalam menjaga stabilitas ekosistem bumi baik di darat maupun laut. Kupu-kupu termasuk kelompok serangga yang berperan penting dalam proses penyerbukan bunga dengan berbagai fungsi tersebut, tentunya kita perlu mengenal lebih jauh mengenai salah satu biodiversitas Indonesia ini.

Anthocharis cardaminesAnthocharis cardamines

            Inventarisasi lepidoptera merupakan ajang pengenalan yang diselenggarakan oleh divisi Entomologi pada tanggal 19 Maret 2016 bertempat di desa Sendang Sari. Kegiatan ini dihadiri oleh 40 peserta dari angkatan 2013, 2014 dan 2015 dengan pematerian dibawakan oleh Zamzam I’lanul Anwar (2011) dan Amalia Paramitha (2012). Pembukaan dimulai dengan pengenalan cara pemakaian GPS di lapangan seperti tracking,penentuan spot,dan pengambilan bukti foto. Kemudian, dilanjutkan dengan pengenalan tentang berbagai familia kupu-kupu yang umumnya terdiri dari Papilionidae, Nymphalidae, Pieridae, Danaidae, dan Hesperidae. Papilionidae terkenal dengan ukurannya yang besar, keindahan warnanya dan polimorfik (memilki morfologi yang beraneka ragam), contohnya :Papilio memnon. Nymphalidae memiliki struktur tubuh yang lebih kecil dibandingkan Papilionidae dan warnanya yang beraneka ragam dengan merujuk pada fakta bahwa kaki depan tereduksi dan tidak bercakar, contohnya :Heliconius charitonius. Pieridae merupakan familia dari kupu-kupu kuning dan putih yang umum dijumpai karena terbang secara berkelompok dan berjumlah banyak, contohnya : Catopsosilia crocale.Danaidae memiliki kaki depan yang sangat kecil, tidak bercakar,memiliki kelenjar bau, dan berukuran cukup kecil, contohnya : Danaus plexippus. Terakhir adalah Hesperidae, familia kupu-kupu berbadan pendek, berkepala lebar, berantena khas dimana ujungnya menebal, membengkok dan meruncing. Biasa disebut skipper, contohnya :Eritonia thrax.

                     Setiap familia kupu-kupu memiliki 2 sumber makanan yaitu host plant dan food plant. Host plant merupakan tumbuhan yang dijadikan makanan selama fase ulat, sedangkan food plant merupakan makanan pada  fase kupu-kupu. Selanjutnya adalah peserta menerima pengarahan tentang teknis penangkapan inventarisasi dengan menggunakan insect net, worksheet, papilot, kamera, dan alat tulis. Setelah melalui serangkaian pengenalan dan pengarahan, peserta dibagi menjadi 2 tim dengan pendamping kelompok yaitu  divisi entomologi dan pemateri. Tim 1 menuju spot 1 yaitu bagian atas desa dan tim 2 menuju spot 2 yaitu bagian bawah desa. Proses inventarisasi dilakukan selama 2 jam dari pukul 8.00-10.00 WIB. Selama proses inventarisasi, terlihat antusiasme dari para peserta terutama saat pengejaran dan penangkapan kupu-kupu. Di samping itu, peserta juga melakukan publikasi terhadap berbagai objek dan lokasi inventarisasi. Publikasi tersebut digunakan dalam perlombaan ‘‘Entomology Award’’ dengan tujuan mencari dokumentasi terbaik.

a


b


c

                 Dua jam berakhir, peserta diarahkan menuju kegiatan pematerian pembuatan insektarium. Proses pembuatan insektarium membutuhkan berbagai perlengkapan diantaranya alkohol, kertas minyak, jarum suntik, jarum pentul, jarum kecil, papan perentang, label, alat tulis, buku identifikasi dan kapur barus. Pematerian ini bertujuan untuk mengenalkan cara pengawetan serangga yang umum digunakan. Kegiatan ini dilangsungkan selama dua jam dan ditutup dengan penyerahan hadiah kepada dua pemenang “Entomology Award” dan foto bersama.

d

Dokumentasi : Divisi Entomologi, 19 Maret 2016


 

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s