Pengabdian dalam Pendidikan Lingkungan Hidup


Pengabdian merupakan suatu perbuatan baik berupa pikiran, tenaga, dan pendapat yang dilandasi dengan keikhlasan. Seperti yang kita tahu, pengabdian termasuk dalam tri dharma perguruan tinggi. Maka dari itu pengabdian sangatlah penting untuk kita sebagai mahasiswa. Pengabdian dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya adalah yang termasuk dalam program kerja Biro Sosial DP XXXVI Himbio Unpad yaitu “Sakola Arbor’. Di Sakola Arbor kita dapat mengabdi dengan menjadi guru dari anak-anak dusun cinenggang. Sakola Arbor ini merupakan sekolah informal yang berbasis lingkungan hidup. Untuk menunjang pengetahuan pengajar dan relawan tentang pentingnya lingkungan hidup terhadap anak-anak, maka biro sosial memfasilitasi dengan mengadakan Pelatihan Sakola Arbor tahap I dengan mengangkat tema “Pengabdian dalam Pendidikan Lingkungan Hidup”.
Apa itu lingkungan? Mengapa pendidikan lingkungan hidup sangat penting bagi anak-anak? Seperti yang kita tahu lingkungan merupakan interaksi yang terjadi antara faktor biotik dan faktor abiotik. Pendidikan lingkungan hidup sangatlah penting bagi anak-anak, karena pendidikan yang diterapkan terhadap anak-anak sejak dini dapat mencetak karakter cinta lingkungan terhadap anak itu sendiri. Jika karakter cinta lingkungan tersebut sudah terbentuk maka anak-anak sebagai penerus bangsa dapat lebih mencintai lingkungannya dan adanya kesadaran untuk menjaga lingkungannya. Lalu bagaimana cara untuk menjaga lingkungan? Banyak sekali cara untuk menjaga lingkungan, dimulai dari hal yang paling kecil yaitu membuang sampah pada tempatnya, menghemat air, menghemat sampah plastik dan lain-lain. Walaupun efeknya tidak bisa langsung terasa namun 10 atau 20 tahun lagi anak-anak itulah yang dapat menentukan seperti apa lingkungan kita nantinya. Maka dari itu “Sakola Arbor” sangat menekankan agar anak-anak yang kita bina dapat mencintai dan menjaga lingkungannya sendiri.

Pelatihan tahap I ini dilaksanakan pada tanggal 2 maret 2015, dengan pemateri kang Edhu (biologi’11). Dalam pelatihan tahap I ini pengajar dan relawan lebih banyak diminta untuk bermain games dengan berbagai esensi, pada games pertama esensi yang ditunjukan adalah bagaimana manusia harus memiliki rasa empati terhadap lingkungan supaya dapat menciptakan keseimbangan.
Games kedua memiliki esensi komunikasi, dimana setiap pengajar maupun relawan harus memiliki komunikasi yang baik terhadap anak-anak. Seperti yang kita tahu anak-anak memiliki karakter yang berbeda-beda dan kita sebagai pengajar ataupun relawan harus bisa berkomunikasi dengan baik dan dapat diterima oleh anak-anak. Games ketiga memiliki esensi responsibility. Responsibility harus dimiliki oleh setiap pengajar dan relawan. Bagaimana kita dapat merespon anak-anak dengan baik dan bisa kita tanggapi pula dengan baik.

Yang terakhir adalah para pengajar dan relawan diminta untuk membuat mind map tentang apa yang akan dilakukan dalam pengabdian lingkungan hidup di Sakola Arbor. Terdapat banyak ide-ide yang dicetuskan oleh pengajar dan relawan dalam mind map tersebut. Mulai dari bagaimana kita harus membuat anak-anak merasa nyaman kemudian membiasakan membuang sampah pada tempatnya sampai bagimana kita dapat membuat anak-anak berkreasi dengan menggambar dan mewarnai kaleng cat yang akan dipakai sebagi tempat sampah.

Pelatihan tahap I ini diharapkan dapat menambah ilmu para pengajar dan relawan serta mengerti dan memahami pentingnya pendidikan lingkungan hidup untuk anak-anak. Selain itu, dapat mengajarkan dan membiasakan anak-anak untuk lebih cinta lingkungan. Mari mengajar! Menjaga bumi? Salam abdi Lestari!!

Pelatihan tahap I ini diharapkan dapat menambah ilmu para pengajar dan relawan serta mengerti dan memahami pentingnya pendidikan lingkungan hidup untuk anak-anak. Selain itu, dapat mengajarkan dan membiasakan anak-anak untuk lebih cinta lingkungan. Mari mengajar! Menjaga bumi? Salam abdi Lestari!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s