Pelatihan PKM ++


Pelatihan PKM ++ merupakan salah satu program kerja dari Biro Pendidikan dibawah naungan Departemen Sosial dan Pendidikan Dewan Pengurus HIMBIO XXXVI. Kegiatan Pelatihan PKM ++ ini merupakan suatu rangkaian kegiatan yang ditujukan bagi mahasiswa Biologi untuk meningkatkan minat dan kemampuan menulis suatu karya ilmiah. Tidak hanya wawasan dan tema tentang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) saja yang diusung dalam acara Pelatihan PKM ++, tetapi juga Pelatihan Penulisan Jurnal, dan juga Pelatihan Penulisan Laporan KKL khususnya bagi mahasiswa Biologi angkatan 2012 yang akan segera menghadapi program Kuliah Kerja Lapangan (KKL).

Acara Pelatihan PKM ++ ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 21 Februari 2015 dan bertempat di Gedung Laboratorium Biologi Dasar Lama. Pelatihan PKM serupa ini juga merupakan kegiatan rutin yang dicanangkan oleh Biro Pendidikan setiap tahunnya.

Rangkaian acara yang pertama adalah Pelatihan Penulisan Jurnal dengan Dr. rer. nat Tri Dewi Kusumaningrum Pribadi, M. Si (Ibu Tri Dewi). Beliau berbagi pengalamannya mengenai bagaimana penulisan jurnal yang baik dan bagaimana mempublikasikannya secara nasional maupun internasional, bagaimana cara publikasi jurnal yang benar, langkah-langkah penulisan jurnal, dan juga komposisi paling baik yang harus dicantumkan pada setiap jurnal yang akan dipublikasikan.

Beliau juga mengatakan bahwa penting bagi mahasiswa khususnya mahasiswa biologi untuk menguasai dan mampu menulis jurnal, ataupun berbagai karya ilmiah lainnya, karena sebagian besar biologi adalah penelitian. Suatu penelitian sangatlah membutuhkan suatu publikasi agar dapat diakui publik.
Tak hanya berbagi pengalaman tentang penulisan jurnal yang baik dan benar, beliau juga berbagi pengalaman luar biasanya ketika menutut ilmu di salah satu universitas ternama di Jerman.

Rangkaian acara yang kedua adalah Pelatihan Penulisan Laporan KKL (Kuliah Kerja Lapangan). Pemateri pada pematerian kali ini adalah Dr. Teguh Husodo, M. Si (Pak Teguh) selaku ketua jurusan Biologi. Beliau lebih menjelaskan bagaimana persiapan-persiapan yang baik ketika akan melakukan Kuliah Kerja Lapangan. Beliau juga menceritakan pengalamannya ketika melaksanakan suatu penelitian yang mengharuskan beliau dan timnya terjun langsung ke lapangan.

Selain itu, Bapak Teguh juga menjelaskan tentang Penulisan Laporan KKL secara terstruktur. Beliau juga menjelaskan tentang tahapan-tahapan bagaimana cara membuat suatu publikasi ilmiah hasil penelitian yang baik dan benar. Pengalaman-pengalaman beliau di bidang penulisan publikasi ilmiah dan juga praktik di lapangan sudah sangat luar biasa.

Rangkaian acara utama dari Pelatihan PKM ++ adalah Pelatihan PKM itu sendiri. Pemateri dari pelatihan ini adalah Putri Nazilatu, mahasiswa Biologi angkatan 2011. Prestasinya sebagai mahasiswa, khususnya di bidang PKM sudah tidak diragukan lagi. Beliau pernah memenangkan PKM di tingkat nasional (PIMNAS) dengan inovasinya tentang sepatu untuk penyandang tunanetra. Ide uniknya tersebut telah berhasil membuat beliau masuk ke PIMNAS dan meraih medali perak dalam ajang kejuaraan tingkat nasional itu.

Tak hanya pengetahuan tentang PKM, beliau juga berbagi pengalaman dan tipsnya dalam mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa ini. Menurutnya, hal yang paling penting apabila mahasiswa akan mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa, adalah permasalahan administrasi. Beliau berpesan bagi seluruh mahasiswa yang akan mengikuti PKM, agar selalu mematuhi tahapan-tahapan administrasi yang sudah ada, sekecil apapun itu. Karena sebagus apapun ide yang diajukan pada suatu proposal, tidak akan lolos seleksi apabila yang mengajukan proposal tersebut tidak tertib menjalankan setiap tahapan administrasinya. Sebaiknya apabila mahasiswa ingin lolos seleksi, maka harus tertib administrasinya tanpa mengesampingkan cara penulisan dan ide-ide kreatif yang dicantumkan dalam proposal tersebut.

Tak hanya pengetahuan tentang PKM, khusunya PKM lima bidang, beliau juga memotivasi peserta pelatihan agar terus mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif yang dimiliki. Mahasiswa harus terus berkarya, masih banyak waktu untuk mencetuskan ide-ide cemerlang yang inovatif. Beliau juga akan sangat senang apabila dirinya bisa membantu mahasiswa yang berminat untuk mengikuti PKM. Bagi mahasiswa yang ingin berkonsultasi dengan beliau, bisa menghubungi nomor ini 085774946490.

Kita semua berharap agar acara ini dapat memberikan manfaat, motivasi, dan juga ajang informasi bagi seluruh mahasiswa, khususnya bagi mahasiswa yang berminat untuk terus menelurkan ide-ide kreatif dan menuangkannya dalam bentuk karya tulis ilmiah kemudian mempublikasikannya. Kami, pihak Biro Pendidikan, juga berharap agar antusias mahasiswa lebih ditingkatkan lagi untuk bergabung dalam kegiatan semacam ini, supaya kami sebagai fasilitator lebih termotivasi untuk memfasilitasi mahasiswa untuk meningkatkan minat dan kemampuannya dalam bidang akademik.
Salam Pendidikan!

Oleh Andita F. Mutiara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s