Jangan menyerah dengan banjir!


   bp.blogspot.com

Banjir Jakarta yang terjadi di awal tahun 2013 ini mengundang simpati dari semua pihak bahkan dari mancanegara. Betapa tidak mengundang simpati, banjir besar itu kembali datang menghantui ibukota Indonesia ini setelah tahun 2007 silam. Kerap kali banjir bandang ibukota ini disapa sebagai banjir musiman 5 tahunan sekali. 2002, 2007 dan kini awal 2013.

Seperti yang diberitakan pada media massa, cetak maupun elektronik, banjir bandang Jakarta ini telah menjatuhkan belasan korban jiwa dan ratusan warga Jakarta terserang wabah penyakit. Kekurangan bahan makanan terjadi dimana-mana, kekurangan air bersih juga tak mau kalah. Yang ada hanya kelebihan sampah dan bakteri di sekitar warga ibukota. Kekurangan air bersih dan bahan makanan itulah juga tumpukan sampah dan bakteri, kotoran yang begitu banyak di sekitar warga ibukota memicu mereka rentan terhadap wabah penyakit. Tingkat emosi dan stress juga bisa menjadi salah satu penyebab mereka banyak yang jatuh sakit.

Oleh karena itu meski dilanda banjir bandang maupun musibah lainnya, kita tetap dianjurkan untuk “tidak menyerah” atau “mengalah” pada musibah tersebut. Tatkala kita dilanda musibah seperti banjir, bentengi diri dan keluarga dengan beberapa tips kesehatan berikut antara lain :

1. Tetap menjaga kondisi tubuh agar tetap hangat

Banjir memang disebabkan oleh musim penghujan. Meski demikian, berteduhlah saat hujan kembali datang di tengah banjir tersebut dan tetap gunakan baju penghangat seperti jaket dan lainnya. Tubuh yang dingin sangat rentan terhadap penyakit.

2.  Jaga asupan pangan

Saat anda terpaksa harus mengungsi dari rumah anda karena banjir, usahakan selamatkan bahan makanan sebagai persiapan untuk konsumsi. Jangan biarkan kelaparan melanda anda saat musibah seperti ini. Tetap jaga asupan makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan energi anda. Akan tetapi ingat, perhatikan juga kebersihan pangannya. Konsumsilah makanan dan minuman yang telah dimasak sebelumnya. Hindari makan dari makanan mentah seperti sayur-sayuran mentah, air mentah. Cuci tangan dengan air bersih sebelum makan.

3. Hindari tempat-tempat yang dekat dengan sumber listrik

Kita tahu bahwa air adalah konduktor yang baik bagi listrik. Jauhilah tempat-tempat yang dekat dengan sumber listrik atau berhubungan langsung dengan listrik saat banjir.

4. Istirahat yang cukup

Tetap kondisikan diri saat banjir datang dengan istirahat yang cukup. Jaga emosi dan jangan panik saat musibah seperti ini datang, jangan terlalu labil apalagi sampai terbawa emosi dan mencapai tingkat yang tinggi. Emosi memicu stress dan stress emmicu ke penyakit berbahaya lainnya, stroke misalnya. Buatlah tempat kering untuk tempat beristirahat. Jangan pula begadang.

5. Konsumsi suplemen atau vitamin

Tingkatkan imunitas tubuh saat banjir atau musibah lain datang dengan mengonsumsi suplemen atau vitamin karena wabah penyakit siap mengintai kita.

Sekilas tips menjaga kesehatan saat banjir :D. Tips dikutip dari beberapa sumber :

kucoba.com

blogdokter-indonesia.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s