REPOST DARI BAK UNPAD

on

Direktorat Jendral Anggaran dan Perimbangan

Departeman Keuangan Bem Kema Unpad

Kabinet Progresif 2010

1. KAJIAN

Kajian yang dilakukan diantaranya adalah mengenai:

a. Urgensi Sistem Keuangan Block Grant

b. Urgensi Badan Audit Kemahasiswaan Kema Unpad

c. Kaitan Sistem Pendidikan BLU dengan BAK dan Block Grant

Kajian awal dilakukan oleh internal Direktorat Jendral Anggaran dan Perimbangan Keuangan dengan BPM Komisi 3. Lalu inti dari kajian disampaikan di Forum Komunikasi Bendahara Seluruh Organisasi pada tanggal 12 Juni 2010 di SC Faperta.

2. IDENTIFIKASI KEBUTUHAN MAHASISWA

Dilakukan FOKUS BO (Forum Komunikasi Seluruh Bendahara Organisasi) yaitu bendahara BEM Fakultas, Hima, dan UKM pada tanggal 12 Juni 2010 di SC Faperta. Dari hasil FOKUS BO ini didapatkan kesimpulan bahwa 70% Lembaga kemahasiswaan di unpad belum memakai sistem keuangan berbasis akuntansi. Oleh karena itu, berdasarkan kondisi di lapangan seperti itu, sebelum membentuk Badan Audit Kemahasiswaan, maka diperlukan adanya SOP Keuangan Kema Unpad yang seragam dan sesuai dengan standar akuntansi sehingga akan mempermudah proses auditing. Berdasarkan hasil kajian, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa membutuhkan adanya BAK akan tetapi ada beberapa point yang harus digaris bawahi, diantaranya: BAK hanya berfungsi sebagai badan audit internal kemahasiswaan yang bertanggung jawab di kongres jadi tidak ada garis koordinasi istimewa dengan rektorat.

3. ANALISIS SITUASI

Pembentukan BAK ini masih menimbulkan pro dan kontra di kalangan mahasiswa, masih ada pro dan kontra. Masih banyak yang mempertanyakan apakah Lembaga Kemahasiswaan Kema Unpad membutuhkan Lembaga Audit Kemahasiswaan, bagaimanakah garis koordinasi dengan rektorat, KPK dan SPI (Sistem Pengawasan Internal), Apakah mahasiswa siap dan mampu menjalankan fungsi Badan Audit Kemahasiswaan.

4. PEMBUATAN SOP KEUANGAN KEMA UNPAD

SOP Keuangan Kema Unpad telah dibuat dan setelah melalui beberapa kali konsultasi dengan Biro Keuangan dan Biro Kemahasiswaan Unpad. SOP Keuangan tersebut akan ditetapkan oleh Biro Keuangan menjasi SOP Keuangan Kema Unpad mulai tahun 2011. Sosialisasi pertama kali mengenai SOP Keuangan Kema Unpad dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober 2010 di RSG Lantai IV Rektorat Baru.

5. PELATIHAN ADMINISTRASI KEUANGAN

Pelatihan Administrasi ini juga telah dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober 2010 di RSG Lantai IV Rektorat Baru dengan materi:

1. Sosialisasi SOP Kema Unpad oleh Biro Administrasi Keuangan Unpad dan Menteri Keuangan BEM Kema Unpad
2. Pelatihan Laporan Keuangan berbasis Akuntansi dengan Tutor dari mahasiswa Fakultas Ekonomi

6. SOSIALISASI SOP KEUANGAN KEMA UNPAD

Sosialisasi SOP Keuangan Kema Unpad dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober 2010 di RSG Lantai IV Rektorat Baru dengan penjelasan awal dari Biro Administrasi Keuangan Unpad lalu dilanjutkan oleh penjelasan mendetai oleh Menteri Keuangan BEM Kema Unpad. Sosialisasi juga akan dilakukan kepada BPP, yaitu kepanjangan tangan dari Biro Keuangan Unpad yang bertugans mengawasi keuangan di Fakultas (Dekanat). Sehingga akan terjadi sinkronisasi SOP keuangan baik itu di tingkat universitas, fakultas, hima maupun UKM.

7. PEMBENTUKAN PANSUS

Pembentukan pansus akan mulai dilaksanakan pada pertengahan bulan November melalui kerjasama Dirjen APK Departemen Keuangan BEM Kema Unpad dengan Komisi 3 BPM Kema Unpad.

8. PEMBUATAN GRAND DESIGN BAK

Khusus untuk tim pansus yang akan membahas Grand Design BAK akan meminta bantuan BEM Fakultas Ekonomi

9. PEMBUATAN AD/ART DAN PERATURAN BAK

Dilakukan oleh BPM Kema Unpad.

10. PENYUSUNAN ALUR PEMILIHAN TIM AUDITOR, STRUKTUR ORGANISASI BAK, SYARAT UMUM DAN KHUSUS TIM AUDITOR SERTA KOMPONEN BAK

Dilakukan oleh Panitia Khusus BAK.

11. OPEN RECRUITMENT BAKAL CALON TIM AUDITOR

Dilakukan oleh Panitia Khusus BAK.

12. SELEKSI CALON TIM AUDITOR

Akan dilaksanakan 3 tahap seleksi:

a. Seleksi I: Seleksi Administrasi

b. Seleksi II: Kemampuan Organisasi, Kemampuan Akuntasi, Manajemen dan Sistem Auditing

c. Seleksi III: Wawancara dan Proper Test

13. PENETAPAN TIM AUDITOR TERPILIH

Penetapan Tim Auditor terpilih oleh Kongres Mahasiswa Unpad.

14. MASA 100 HARI KERJA TIM AUDIT

Pemantauan perlu dilakukan untuk menilai kinerja tim auditor

15. EVALUASI MASA 100 HARI KERJA

Untuk mengevaluasi masa 100 hari kerja tim auditor, apakan efektif atau tidak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s