Tyto alba


Tito alba

Oleh:

HIMBIONERS

Tito alba atau biasa di sebut serak (kalau di jawa disebutnya serak jawa)

di jatinangor ditemukan beberapa tempat yang diperkirakan sebagai sarang dari burung (raptor malam) ini, diantaranya ada di beberapa gedung fakultas yang tersebar di unpad dan di daerah sayang.
beberapa gedung di unpad yang di duga adalah tempat atau sarang dari burung ini yaitu:
Gedung Jurusan Kimia Fmipa Unpad (Arah utara, dekat jalan) 1 ekor, gedung Statistika Fmipa Unpad (dekat kantin, arah barat daya) dan biasa bertengger di gedung Matematika (sebelah gedung statistika) 3 ekor, gedung pertanian 3 Ekor, Gedung Fakultas peternakan 1 Ekor,Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 2 Ekor, Fakultas Sastra 1Ekor, dan Asrama Poma 1 Ekor.

di daerah sayang baru terlihat sekitar 4-5 Ekor Tyto alba.

Pengamatan yang baru dilakukan sebanyak 2 kali dan beberapa kali di temukan terbang berkeliling mencari mangsa dan melintasi antar gedung, serta bertengger di tiang yang berada di gedung.
populasi yang ditemukan adalah sekitar 16 Ekor, hal ini belum bisa di pastikan karena melihat dari sifat burung ini yang hidup berkelompok, dan bila di lihat dari tempat-tempat yang ditemukan mungkin jumlahnya melebihi 20 Ekor.

Aktivitas Tyto alba mulai terlihat,atau dapat di amati mulai dari pukul 18.30 hingga pukul 05.00 pagi. Suara burung ini mulai dapat di dengar setelah pukul 18.00 (biasanya terdengar setelah waktu salat magrib 18.15), aktivitas yang teramati:
– bertengger di luar sarang atau di atas gedung
– Mencari mangsa
– Mengeluarkan suara khasnya yang serak (menandai teritori atau memanggil yang lain)

Pengamatan terhadap burung ini dilakukan di samping karena memang cukup senang dengan kegiatan mengamati burung, terdapat isu bahwa Tyto alba atau burung jenis ini mulai jarang terlihat di sekitar unpad bahkan jatinangor yang padahal di waktu sebelumnya beberapa tahun yang lalu (sekitar 7 tahun yang lalu) populasi Tyto alba dapat dikatakan sangat banyak meskipun secara nominal tidak disebutkan angkanya (kira-kira lebih dari 30an. data divisi ornitologi himbio unpad 2003).

Photo By: Putri Rengganis&Rauful Mizan (Dazzlight Himbio Unpad)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s